Minggu, 01 Mei 2022

Aktivitas di Bulan April 2022

"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" (Matius 28:19-20) 

"Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!" (Yesaya 6:8). 

"Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia" (1 Korintus 15:58). 

Pekerjaan misi pada bulan April 2022 di kota Makassar berjalan dengan baik. Adapun kegiatan-kegiatan yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

Membagikan Traktat

Saya terus semangat membagikan traktat yang tersedia. Saya berterima kasih kepada Yayasan Pendidikan Alkitab Agape di mana NSSBS bernaung, yang gedungnya juga dipakai Jemaat Kristus Sawangan (jemaat sponsor) beribadah, bersedia mencetak traktat-traktat yang sudah saya terjemahkan dan mengirimkannya cukup banyak bersama pelajaran Mencari Kebenaran 1-10. Jemaat Sawangan juga mengirimkannya ke jemaat-jemaat lokal lainnya. Saya membagikannya termasuk kepada beberapa pegawai restoran dan untuk pemilik restoran, orang tua siswa di sekolah, dll. Saya selalu berharap dan berdoa mereka membaca traktat-traktat yang telah mereka terima dan suatu hari mereka tertarik untuk belajar tatap muka dan menghubungi nomor kontak saya yang tercantum di setiap traktat. Saya juga mengirimkan traktat-traktat yang sudah diterjemahkan ini dalam format MSWord kepada Jemaat Tuhan di Section 17 Malaysia untuk mereka cetak sendiri dan dibagikan kepada prospek di sana.


Mengajar Prospek

Pada tanggal 8 April 2022, setelah saya membangun minat dan menanyakan pertanyaan membangun minat kepada dua prospek, ibu dan anak, dengan tiga pertanyaan: "Apakah Allah Ada?", "Jika Ada, Siapakah Allah itu?", "Apakah Hari Penghakiman Akan Datang?", dan membuat perjanjian belajar tatap muka di rumah mereka, maka saya mulai mengajar mereka pada tanggal 13 April 2022 mulai jam 20.30 hingga jam 22.00 WITA. Saya menggunakan pelajaran Mencari Kebenaran 1 (Penjala Manusia) dalam mengajar mereka. Cukup banyak diskusi selama kami belajar, dan begitu menarik bahwa beberapa hal dari pelajaran itu belum pernah mereka ketahui selama ini. Kami baru menyelesaikan pelajaran MK1 sampai nomor 5, dan rencana melanjutkannya pada tanggal 16 April 2022.

Saya kembali menghubungi mereka tanggal 16 April untuk kelanjutan pelajaran, tetapi prospek berhalangan karena ada urusan pribadi dan akan dibuat ulang jadwal belajar selanjutnya. Semoga kedua prospek ini tetap berminat melanjutkan pelajaran.


Calon Prospek

Pada tanggal 12 April 2022, saya dihubungi oleh salah seorang saudara seiman di Jemaat Kristus Bandoa, Sdr. Frans, yang memperkenalkan adiknya kepada saya untuk dibimbing dan diajar. Dia memberikan nomor kontak adiknya dan saya menghubunginya pada hari itu untuk mengkonfirmasi pembicaraan saya dengan kakaknya melalui telpon, dan sekaligus memperkenalkan diri dan menanyakan kapan saya bisa berkunjung ke rumahnya. Dia bersedia untuk dikunjungi, tapi dia ingin membicarakan dengan suaminya tentang waktu yang tepat bagi saya untuk berkunjung ke rumah mereka. Lokasi rumah mereka berada di kabupaten Maros, cukup jauh dari kota Makassar. Tetapi bukan alasan untuk tidak mengunjungi mereka.


Proyek Terjemahan

Sambil terus menerjemahkan dua materi, yaitu "Pertanyaan yang Mengubah Hidup" dan "Program Studi Alkitab", saya menambahkan lebih banyak traktat dan materi kursus korespondensi pada daftar proyek terjemahan. 

Pada bulan April 2022, saya selesai menerjemahkan pelajaran kursus Alkitab tertulis "Mencari Kebenaran" yang terdiri dari 7 pelajaran. Materi kursus ini juga sudah dikirim ke Yayasan Pendidikan Alkitab Agape untuk dicetak dan dibagikan ke jemaat-jemaat lokal yang berminat menggunakannya dalam penginjilan. Bahkan Jemaat Kristus Section 17 Malaysia juga telah meminta materi ini dalam format MSWord dan sudah saya kirimkan untuk mereka cetak sendiri dan tersedia untuk digunakan di sana dalam penginjilan. 

Untuk traktat, selain dari materi yang saya pilih sendiri untuk diterjemahkan, ada juga materi yang disarankan oleh saudara seiman. Tentunya dengan tersedianya bahan-bahan terjemahan ini, saya memiliki lebih banyak metode untuk digunakan dalam penginjilan.


Kursus Alkitab Online

Saya tetap rutin memeriksa pendaftaran baru dan jawaban peserta. Para peserta nya berasal dari berbagai kota di Indonesia. Di kota Makassar sendiri, belum ada perubahan dari peserta sebelumnya, masih tetap dua orang. Semoga mereka tetap semangat mengerjakan pelajaran kursus. Para peserta dari kota-kota lain, yang juga ingin belajar  Alkitab secara pribadi, saya serahkan kepada para penginjil yang bekerja di kota-kota tersebut, agar mereka dapat menindaklanjutinya.


Kelas Alkitab

Gereja Kristus Makassar terus mengadakan kelas Alkitab pada hari Minggu dengan menggunakan buku berjudul Awal Keyakinan Kita (pelajaran yang dirancang untuk orang Kristen baru). Semoga pelajaran ini dapat membantu pertumbuhan pengetahuan rohani anggota jemaat.

Makassar, 30 April 2022,
Harun Tamale

Laporan Bulanan Misi di Makassar di Bawah Pengawasan GSJKDI Sawangan, Desa Sawangan Jaga IV, Kec. Tombulu, Minahasa, Sulawesi Utara 95662.
Email: haruntamale@gmail.com 
Blog: https://laporanmisi.blogspot.com/
logoblog